eCommerce VS eBusiness


Internet telah menjadikan interaksi bisnis menjadi banyak aspek. Zaman sekarang orang bisa dengan mudah melakukan bisnis,
seperti membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis lewat internet. Konsumen maupun Produsen bisa mendapatkan dan melakukan apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan rumah, bahkan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk, selama ada koneksi internet.

Istilah eCommerce dan eBusiness banyak terlihat atau dipakai untuk menggambarkan suatu proses yang sama.
Namun demikian, meskipun mirip, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital.

Pengertian e-commerce dan e-business

eCommerce atau Electronic Commerce yang dalam bahasa indonesia disebut juga perdagangan elektronik menurut wikipedia adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti
internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. eCommerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Sedangkan eBusiness atau dalam bahasa indonesia adalah bisnis elektronik adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis
atau semiotomatis dengan memakai sistem informasi komputer. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh CEO IBM Lou Gerstner.
eBusiness memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan external mereka secara lebih efisien dan fleksibel.

eBusiness memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis konvensional, hanya saja eBusiness memiliki cakupan yang berbeda. Jika di dunia nyata, sebuah bisnis biasanya mengandalkan pertemuan antar pebisnis misalnya rapat ditempat khusus, atau sekedar berkenalan dengan partner bisnis. Sedangkan eBusiness mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.

Jadi eBusiness atau bisnis elektronik merujuk pada pengertian eCommerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan penggunaan data elektronik dalam perusahaan.

Dengan kita lain, jika melihat dari definisinya, eCommerce merupakan bagian dari eBusiness, dimana eBusiness merupakan ruang lingkup yang lebih besarnya dari eCommerce atau sebagai induknya. Namun tidak semua eBusiness adalah eCommerce.
eBusiness cenderung menunjuk kepada penggunaan teknologi untuk menjalankan bisnis yang memberikan hasil,
memberikan dampak yang besar kepada antivitas bisnis secara menyeluruh. Sementara eCommerce mengacu kepada penggunaan internet untuk belanja online, seperti untuk belanja produk dan jasa.

Perbedaan yang mendasar antara eCommerce dan eBusiness adalah bahwa tujuan eCommerce memang benar-benar money oriented
(berorientasi pada perolehan uang), sedangkan eBusiness berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti
kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

Jika harus disimpulkan, perbedaan antara eCommerce dengan eBusiness terletak pada cakupannya. Untuk eCommerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat internet sedangkan eBusiness merupakan fungsi dari kegiatan bisnis menggunakan data elektronik.

Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan eCommerce dan eBusiness juga memiliki kesamaan tujuan yaitu
mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju. eCommerce dan eBusiness merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

Konsep eCommerce :

1. Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan bidang manejerial dan profesional.

2. Dampaknya bisa mengubah perekonomian, struktur dasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar,
nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja.

3. Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita di dalamnya.

Model eCommerce :

Setiap bisnis online memiliki model bisnis masing-masing. Masing-masing juga memiliki sumber income yang berbeda pula.
Interaksi dan transaksi antara pelaku bisnis yang akan menggunakan teknologi eCommerce dapat dikategorikan dalam beberapa model, yaitu : B2B (business to business), B2C (business to consumer), C2C (consumer to consumer) dan C2B (consumer to business)

Berkut ini 4 model pokok yang berkembang dalam revolusi bisnis internet saat ini yang juga dinamakan the New Economy, yaitu :

1. Business-to-Business (B2B) : Model ini merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain.
Ini diperkirakan berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model – model yang lain.

2. Business-to-Consumer (B2C) : Model ini merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
Contoh misalnya Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual berbagai jenis produk.

3. Consumer-to-Consumer (C2C) : Model ini merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan yang lain.
Contoh adalah eBay Inc (www.ebay.com). Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.

4. Consumer-to-Business (C2B) : Model ini merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh adalah Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu, dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel. Untuk pembayarannya dilakukan secara virtual.

Model eBusiness :

1. B2C (Business to Consumer) : Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan individu.

2. B2B (Business to Business) : Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi.

Ringkasan :

1. eBusiness lebih luas dalam lingkup dan eCommerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari eBusiness.
2. eCommerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. eCommerce pada prinsipnya melibatkan transaksi (uang) secara virtual sedangkan dalam eBusiness, transaksi (uang) tidak diperlukan.
4. eBusiness melibatkan kegiatan bisnis secara menyeluruh : pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll,
dengan berbasis pada data elektronik.

Source : differencebetween.net – kompasiana.com – wikipedia – dikky12.wordpress.com

Advertisements

6 thoughts on “eCommerce VS eBusiness

  1. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Mau Tahu Cara Jualan Online Tanpa Repot? Miliki Paket Bisnis Toko Online Siap Pakai

  2. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Cara Berbisnis eCommerce (Toko Online) Global

  3. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Bagus Mana TokoBagus VS Kaskus? Ini Indikatornya

  4. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Berapa Yang Dihabiskan Orang Indonesia Untuk Belanja Online?

  5. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Pastikan Anda Hadir Di Event Grand Launching Bisnis eCommerce Terbesar 2014

  6. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Mau Tahu Kenapa Tokobagus Ganti Nama Jadi OLX?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s