Stem Cell Adalah?

Stem Cell adalah salah satu penemuan terbesar dalam dunia sains dan kedokteran.
Dalam bidang kedokteran, Stem Cell memberikan terobosan luar biasa dalam perawatan penyembuhan berbagai macam penyakit.
Bahkan banyak peneliti yang mengatakan bahwa Stem Cell merupakan terapi abad 21.
Dalam 1 dekade terakhir topik Stem Cell memang banyak menarik perhatian dunia, terbukti dari banyaknya media yang
mengangkat tentang teknologi Stem Cell ini.

Stem Cell adalah

Pada dasarnya tiap organ dan jaringan tubuh dibentuk oleh sel-sel tertentu yang berasal dari Stem Cell.
Dalam kehidupan kita, Stem Cell berperan dalam regenerasi organ dan jaringan tubuh yang rusak, mati atau hilang setiap hari.

Stem Cell atau disebut juga dengan sel punca / sel tunas merupakan sel induk yang berpotensi berkembang menjadi beberapa sel tubuh yang berbeda, seperti sel otak, otot, hati, jantung maupun sel darah. Atau dengan kata lain, Stem Cell adalah sumber dari semua sel di dalam manusia, tidak terdiferensiasi, dan bisa memperbanyak diri.
Stem Cell punya kemampuan berubah menjadi sel dalam bentuk lain, kemampuan untuk memperbaharui, maupun meregenerasi dirinya sendiri.

Berdasarkan asalnya, Stem Cell terbagi dua, yaitu Embryonic Stem Cell (sel tunas berasal dari embrio), dan Adult Stem Cell (sel induk dewasa). Untuk Adult Stem Cell berasal dari sumsum tulang, darah tepi, darah tali pusar maupun lapisan lemak tubuh.
Sedangkan Embryonic Stem Cell dianggap kontroversial dan tidak etis karena berasal dari embrio manusia.

Saat kita masuk usia 40 tahun ke atas maka kadar Stem Cell dalam tubuh akan berkurang menjadi setengahnya.
Penurunan ini mengakibatkan semakin lamanya kulit beregenerasi, sehingga kulit akan kusam dan berkerut.
Selain itu, rambut akan mengalami kerontokan, otot mengecil dan mulai timbul penyakit degeneratif karena sel-sel yang ada dalam tubuh tidak lagi berfungsi secara maksimal.
Perawatan Stem Cell bertujuan untuk mengembalikan jumlah sel yang semakin berkurang tersebut dan mengoptimalkan kembali fungsi selnya.

Pada anak-anak terdapat 80 ribu Stem Cell, tapi seiring bertambahnya usia, ketika usia 40 tahun ke atas akan turun menjadi 35 ribu Stem Cell.

Proses Stem Cell sendiri adalah pertama mengambil Stem Cell yang banyak ditemui di lemak perut (Adult Stem Cell) sebanyak 100 cc.
Setelah itu lemak akan dipisahkan dengan sel lemak dan Stem Cell. Setelah dipisahkan, Stem Cell kembali dimasukkan melalui infus.

Setelah selesai perawatan Stem Cell maka kadar Stem Cell di dalam tubuh akan meningkat.
Stem Cell akan melakukan perbaikan secara otomatis mencari bagian yang rusak dalam tubuh kita.

Jadi sebenarnya Stem Cell ini ada di dalam tubuh kita, tapi kita tidak bisa menggunakannya kalau dia tidak diolah / diproses terlebih dahulu.

Karena bisa menjadi beragam sel tubuh, Stem Cell bisa menyediakan jaringan untuk mengganti sel-sel yang rusak dalam proses terapi / perawatan penyakit degeneratif yaitu penyakit yang menyertai proses penuaan yang sering terjadi karena bertambahnya umur
(seperti penyakit stroke, kanker, jantung, diabetes, alzheimer, parkinson, osteoporosis, penyakit ginjal, hati, kolesterol, hipertensi, lupus dll), dan tentu saja anti aging.

Kita sudah selayaknya mewaspadai penyakit degeneratif ini, karena berdasarkan data WHO, kira-kira sekitar 17 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit degeneratif. Berbagai cara sudah dilakukan untuk menekan angka ini, termasuk menerapkan teknologi Stem Cell tersebut.

Penggunaan teknologi Stem Cell pada proses penyembuhan penyakit degeneratif disebut-sebut dapat menunda kematian.
Yang dimaksud menunda kematian disini adalah menunda kematian dari sel kita.
Sel hanyalah bagian kecil dari tubuh. Ketika sel berkembang menjadi banyak, dapat membentuk jaringan serta organ.
Nah, jika jaringan tersebut mati, Stem Cell diharapkan dapat membentuk jaringan yang baru untuk menggantikan jaringan yang mati.

Selain untuk perawatan pada penyakit degeneratif, Stem Cell ternyata juga digunakan untuk mengobati cedera rawan yang menimpa para olahragawan.
Bahkan di akhir tahun 2009, suaramerdeka[.]com pernah melansir bahwa perawatan Stem Cell juga mampu menyembuhkan AIDS.

Untuk penerapan terapi Stem Cell di dunia kedokteran secara umum belum pada tahap pelayanan. Contohnya adalah RSCM.
RSCM melakukan penelitian tentang Stem Cell pertama kali pada tahun 2008. Ketika itu, penelitian terfokus pada jantung dan tulang.
Perkembangan terakhir, penelitian Stem Cell yang sudah dilakukan RSCM meliputi tulang rawan, tulang belakang, saraf (tulang belakang), metabolik, kardiovaskular, endokrin, dan integumen. Yang terbaru, RSCM berencana meneliti sel cultured epithelial autograft (CEA).

RSCM belum mampu mewujudkan penelitian tersebut diatas dalam bentuk pelayanan medis secara masal karena terbentur masalah dana. Saat ini ada puluhan pasien yang mendapatkan perawatan Stem Cell di RSCM tanpa dikenai biaya, justru karena untuk kepentingan riset, RSCM lah yang membayar para pasien tersebut.

Kedepannya Stem Cell diprediksi akan menjadi teknologi perawatan kesehatan, kecantikan dan cara awet muda terbaik.

Referensi : VIVAnews – suaramerdeka.com – republika.co.id

Advertisements

3 thoughts on “Stem Cell Adalah?

  1. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Cara Awet Muda Dengan Teknologi Stem Cell Terbaik

  2. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Dr. Nathan Newman, Formulator Produk Luminesce Jeunesse Global

  3. Pingback: Bisnis Toko Online Global | Cara Dapat Uang Dari Internet | Video Testimoni Stem Cell Lift (Dr. Nathan Newman Dalam Berbagai Liputan TV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s